Minggu, 15 Februari 2015

Flowerboy Next Door (Resensi Film)

 
mlatimerridley
Kisah ini memang di angkat dari film korea,ceritanya tidak seru, tapi syarat akan makna. Film ini menceritakan tentang seorang gadis lugu yang amat tertutup hidupnya dari kehidupan ramai di jantung negara korea seoul, akan tetapi dia memiliki kemampuan luar biasa dalam menulis, hidupnya hanya untuk menulis semenjak taruma masa lalunya yang tak bisa ia lupakan hingga bertahun-tahun.

Kisah drama korea memang banyak di gandrugi oleh anak-anak muda zaman sekarang, tetapi ada banyak orang juga yang tidak hobi karna alasan terlalu banyak episodenya, gimana tidak satu episode saja sudah memakan durasi satu jam lebih, apalagi sampai belasan episode.

Gadis itu sangat indah ketika dia menyisir rambutnya, berjalan dengan menundukkan kepala, dan membiarkan rambutnya melambai tertiup angin musim dingin. mantel musim dinginnya yang sederhana hanya mampu membuatnya anggun namun tak cantik bila di lihat sekilas. Dia gadis yang sangat mahal untuk di lihat wajahnya, lelaki yang mencintainya harus tahan menahan rindu bila ingin melihat sosok anggun itu.

Hidupnya hanya di gunakan menulis, tetapi dia melakukan itu demi kebutuhan hidup yang harus di tanggungnya sendiri, hidup sebatang kara dengan telanan batin yang tak kunjung sembuh, sehingga dirinya hidup sendiri di sebuah apartemen sederhana gold asean.


Ia bisa dikatakan wanita lemah yang tak bisa tahan uji dengan cobaan hidup, sehingga ia memilih untuk hidup dengan dunianya sendiri, orang tuanya sejak ia masih kecil sudah bercerai dan masing-masing telah menikah. Hidupnyapun luput dari perhatian, ia di asuh oleh neneknya yang sudah tua renta. 
kdramarecaps


Satu kotak susu di pagi hari di temukannya selalu di sertai dengan sehelai kertas kuning dengan tulisan rapi di atasnya menandakan masih ada orang yang peduli dengan kondisinya di dunia kecil dalam  apartemen nomor 402.

Ia sama sekali tak peduli, jangankan hanya sehelai kertas, terkadang bertutur sapa dengan orang lain pun ia teramat gugup, seakan orang yang menyapanya akan mencerca hidupnya seperti dulu lagi, ia teramat berhati-hati dalam bertutur kata, menjawab seadanya dan berjalan keluar kamar jika kebutuhan hidup sehari-harinya telah habis.

Film ini begitu menguras perasaan, ketika ku lihat dalam cerita ini membicarakan tentang  trauma masa lalu bisa membuat seseorang menjadi sangat terpuruk di mata banyak orang, namun sejatinya hidup dengan dinding-dinding kamar apartemen yang kecil dengan irama tetesan air dari wastafel kamar mandi mampu menjadi teman sejati dan nyaman untuk ia gauli.

Memori menyakitkan itu memang sangat sulit untuk di lupakan apalagi bekasnya masih ada, kisah menyedihkan itu di mulai pada saat ia kelas dua SMA, ia bukan dia yang sekarang, ia dulu begitu periang, penuh canda tawa, dan gadis yang sangat setia dengan persahabatan. Mempunyai satu sahabat baginya sudah cukup membuatnya berani menantang dunia.
forumindowebster


Tapi kisah bahagianya menjalin persahabatan berujung duka mendalam yang ia bersumpah tak kan terlupakan sampai akhir hayat. Menanggung mau, cercaan dari satu sekolah hingga guru-guru membuat lidahnya dari hari-kehari terpotong sampai akhirnya ia tak mampu untuk berbicara bahkan senyum manisnya hilang.

Fitnah itu datang dari sahabatnya sendiri, yang sangat dekat dan sangat ia cintai, teganya dia mengatakan bahwa perempuan yang teramat mencintainya itu, yang hatinya telah tulus mendengarkan cerita-cerita hidupnya sepanjang hari mampu berkata hina di depan semua orang.

Ia mengatakan gadis lugu itu telah melakukan hubungan terlarang dengan guru sastra tampan di sekolahnya, sebabnya bisa terbilag kecil, hanya masalah terbakar api cemburu, padahal perempuan lugu itu hanya mendapatkan perhatian lebih karna kemapuannya menulis sastra indah. 

Dan pada akhirnya guru sastra itu di pindahkan ke sekolah lain, hal itu menambah beban batin dan rasa bersalah teramat dalam pada diri si gadis. Dari semenjak itu kepercayaan dirinya hilang, lidahnya telah terpotong habis sehingga ia menjadi si bisu cantik. Ia tak lagi setia dengan persahabatan melainkan jijik melihat orang-orang yang coba mendekatinya.

Sampai tamat sekolah, ia bekerja sebagai editor media handal, gajinya sederhana, tapi lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhannya seorang diri. Apartemen  sederha di bilangan gold asean menjadi tempat kerjanya, dan tidak bertemu dengan seorang pun adalah syarat ia bisa menerima pekerjaan.

di dalamnya banyak terdapat buku yang tersusun rapi mengelilingi sudut ruangannya yang kecil. Di kamarnya banyak terdapat poster-poster tempat liburan indah, sperti pantai terindah di wilayah korea, jembatan gantung panjang, menara-menar tinggi dengan ornamen indah sampai pada film dokumenter bercerita tentang liburan mengasikkan ia koleksi secara baik. 

Lebih dari itu ia sejatinya memimpikan banyak hal yang belum mampu ia lakukan sampai detik di mana ia hidup sekarang. Dimana ada dua lelaki yang hadir di hidupnya menjadi penjaga rahasia jika sewaktu-waktu ia membutuhkan pertolongan. Namun tetap ia tidak peduli.

Gadis keras hati tapi di dalamnya sangat lembut, sahabat yang dulu membuat hidupnya hancur telam lama mampu ia maafkan dan menerima kembali uluran tangannya, tapi baginya luka adalah luka, cacat itu masih membekas. Hingga datang seorang yang mampu membuka hatinya sampai berhasil membuatnya menyunggingkan senyum di wajah indah sang gadis.

Laki-laki yang rela berkorban banyak tanpa harus menerima tanda kembali. Ia hanya butuh sambutan cinta dari sang gadis sampai waktunya ia harus keluar dari ruang sempit dengan dentingan air sebgai penggembira, dan mampu mengunjungi tempat liburan sesuai dengan petunjuk poster di dalam kamarnya.
xandddie.wordprees


Contoh sederhana adalah dua laki-laki tampan yang memperebutkan perhatian si gadis, satunya adalah pembuat komik bertemakan gadis terkurung di dalam kamar sampai gambarnyapun terinspirasi dari wajah si gadis, dan yang satunya lagi adalah pembuat game terkenal, yang permainan katanya mampu membuat si gadis menyukai alur hidupnya. Di sentuh dengan ketulusan itulah kuncinya.

Cinta itu begitu tulus, tak butuh kemewahan hanya butuh ketulusan dan kesedehanaan. Mencuri hati seseorang tidak harus dengan di paksa-paksa, tetapi di dekati dengan hati-hati dan pelan-pelan, hingga perasaan itu sampai ke hatinya dengan nyata dan jelas. Mampu mengubah adalah buktinya. 

dan tidak selamanya hidup dengan mempunyai banyak teman itu menyenangkan di menurut sebagian orang, biasanya orang yang seperti itu adalah orang yang ingin hidup tanpa beban, ia memilih hidup sendiri bukan berarti ia sedang berlarut-larut dalam kesedihan, namun hidupnya ia bangun sendiri dengan dinamika yang lebih unik daripada kebanyakan orang yang sangat suka kehidupan pribadinya ingin di ketahui oleh orang banyak. 
xadddie.wordprees


kebiasaan hidup sendiri lama-kelamaan mungkin berakibat pada kejenuhan bagi orang yang tak terbiasa, tetapi hidup sendiri mempunyai banyak arti jika kita sangkut pautkan dengan cerita di atas, ia tenang dengan dunia yang ia bangun sendiri, tanpa harus mencari informasi ke sana kemari, bergaul dengan banyak orang, hidup itu memang butuh seperti itu, karna manusia tidak bisa hidup sendiri, hanya saja kadang-kadang manusia butuh kesendirian, ketika orang lain menghianatinya.
 
Pada akhirnya kebahagiaan itu datang setelah bertahun-tahun hidup dalam kesakitan akibat cacat itu. Film itu berjudul flowerboy neingdoor. Aku teramat tersentuh dengan cerita ini. selamat menonton...!!! semoga harimu menyenangkan.
Share On:

0 komentar:

Posting Komentar

 
;